Jefri Irawan

Staf Tata Usaha (TU) di Madrasah Tsanawiyah Nurusy Syuhada' dan di Madrasah Aliyah Nurusy Syuhada' di Jl. Diponegoro No. 92 Desa Kedxungrejo Kecamatan Rowokangk...

Selengkapnya

PROSES LAHIRNYA ABBASIYAH 

Lahirnya Bani Abbasiyah tahun 750 M, adalah peran besar dari keturunan Hasyim yang bernama Abu Abbas. Nama Abbasiyah yang dipakai untuk nama bani ini adalah diambil dari nama bapak pendiri Abbasiyah yaitu Abas bin Abdul muthalib paman nabi Muhammad SAW. Proses lahirnya Abbasiyah dimulai dari kemenangan Abu Abbas As Saffah dalam sebuah perang terbuka (Al Zab) melawan khalifah BaniUmayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar As Saffah karena dia pemberani dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan politiknya diperangi dan dikejar-kejar, diusir keluar dari wilayah kekuasaan Abbasiyah yang baru direbut dari Bani Umayyah I.
Berdirinya Bani Abbasiyah tahun 750 M berarti secara formal semua kekuasaan Islam di bawah pemerintahan Abbasiyah termasuk bekas wilayah bani Umayyah I kecuali bani Umayyah yang ada di Andalusia.
Proses pengembanganperadaban yang dibangun oleh bani Abbasiyah begitu cepat membawa perubahan besar bagiperkembangan peradaban ilmu pengetahuan selanjutnya. Berdirinya Abbasiyah selama 505 tahun diperintah oleh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang yang menjadi kiblat dunia pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa. Pada waktu itu suasana belajar kondusif, fasilitas belajar disediakan pemerintah dengan lengkap. Motivasi belajar menjadi penyogok gairahnya masyarakat untuk belajar. Mereka masyarakat mendatangi tempat-tempat belajar seperti kuttab, madrasah maupun perguruan tinggi seperti universitas. Universitas yang terkenal pada saat itu adalah Nizamiyah yang dibangun oleh Perdana Menteri Nizamul Muluk dari khalifah Harun Al Rasyid. Khalifah Harun Al Rasyid terkkenal sebnagai khalifah yang sangat cinta pada ibu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar, seperti: sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan membentuk gerakan terjemahan.
Abu Abbas As Saffah sebagai pendiri bani Abbasiyah masa kepemimpinanya sangat singkat, hanya 4 tahun beliau memerintah. Akan tetapi, mampu menciptakan suasana dan kondisi Abbasiyah yang steril dari katurunan Bani Umayyah sebagai lawan politiknya yang baru dikalahkan dan dikuasainya. Sikap tegas dan berani yang ditunjukkan oleh khalifah Abu Abbas As Saffah ketika membuat kebijakan pada saat berdirinya Bani Abbasiyah dengan berani memberantas semua keturunan Umayyah dari wilayah yang dikuasainya. Dampak dari kebijakan tersebut dapat dilihat dari suasana pusat wilayah Abbasiyah yang baru menjadi kondusif dan perkembangan peradaban dapat dikendalikan oleh khalifah Abu Abbas As Saffah.
Keberhasilan Abu Abbas menaklukan daulah Umayyah I ternyata mendapat dukungan dari tentara bayaran yang sengaja didatangkan oleh Abu Abbas, seperti Abu Muslim Al Khurasany. Abu Muslim adalah relawan berkebangsaan Persia yang sengaja disewa oleh keluarga Abbasiyah untuk membantu menaklukan kekuasaan Bani Umayyah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali